TUGAS RESUME
PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
Perkembangan anak
-
Janin
-
Usia sd
Pertumbungan vs perkembangan
Perkembangan : bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti
mulai dari pembuahan dan kematian
Pertumbuhan
: pertambahan atau kenaikan dalam
ukuran dari bagian tubuh yang dapat diukur seperti panjang, berat tubuh
Pada
pertumbuhan : Berat badan dan tinggi
badan bersifat kuatitatif
Pada
perkembangan : Bahasa, emosi, intelektual
dan perilaku besifat kualitatif
Tujuan
perkembangan
Untuk
pencapaian genetic
Hukum-hukum perkembangan
1. Hukum
kesatuan organis
Anak
adalah kesatuan organis bukan suatu penjumlahan/ suatu kumpulan unsur yang
tersendiri
Contoh
: ingatan tidak bisa berdiri sendiri tanpa hubungan pengamatan dan perhatian.
2. Hukum
tempo perkembangan
Setiap
anak memiliki tempo kecepatan perkembangan sendiri-sendiri.
3. Hukum
irama perkembangan
Pada
suatu masa laju perkembangn berlangsung cepat, tetap, lambat
4. Hukum
masa peka
Masa
pertumbuhan ketika suatu fungsi jiwa mudah dipengaruhi
5. Hukum
rekapitulasi
Perkembangan
merupakan ulangan ringkas sejarah kehidupan umat manusia
6. Hukum
mempertahankan dan mengembangkan
-
Mempertahankan
terdiri : nafsu makan dan minum, menjaga keselamatan diri
-
Mengembangkan
terdiri : hasrat ingin tahu
7. Hukum
presditinasi
Nasib
atau takdir
PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
TINGKAT
SD
Perkembangan
fisik-motorik
1. Menggerakkan
tangan untuk menulis, mengambar, mengambil makanan, melempar bola
2. Menggerakkan
kaki untuk lari, menendang bola, berjalan
Perkembangan
intelektual
- Pada
usia sekolah dasar anak sudah dapat mereaksi ransangan intelektual atau
melaksanakan tugas-tugas belajar yang menuntut kemampuan intelektual atau
kemampuan kognitif seperti membaca, menulis dan menghitung
- Untuk
mengembangkan daya nalarnya daya cipta atau kreatifitas anak maka
peluang-peluang untuk bertanya, berpendapat, dan melihat.
Perkembangan
emosi
Pada
usia sekolah khususnya dikelas 4, 5, 6 anak mulai menyadari bahwa pengungkapan
emosi secara kasar tidaklah diterima atau tidak disenangi oleh orang lain. Jika
anak dikembangkan dalam di lingkungan keluarga yang suasana emosinya stabil
maka perkembangan emosinya stabil maka perkembangan emosi anak cenderung stabil
atau sehat. Apabila anak dikembangkan dalam keluarga yang mudah marah, emosi
tidak stabil, mudah mengeluh, kecewa maka perkembangan anak cenderung tidak
stabil/tidak sehat
Perkembangan social
Untuk
mengembangkan kemampuan berbahasa/ ketrampilan berkomunikasi anak melalui
tulisan sebagai cara untuk mengapresiasikan perasaan, gagasa/ pikirannya, maka
sebaiknya kepada anak dilatih untuk membuat karangan/ tulisan tentang berbagai
hal.
Implikasi terhadap pendidikan
1. Mengembanagkan
iklim ( suasana ) kelas bebas dari ketegangan
2. Memperlakukan
siswa sebagai individu yang mempunyai harga diri
3. Memberikan
nilai secara adil
4. Menciptakan
kondisi kelas yang tertib, bersih dan sehat.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TINGKAT
SMP
Pengertian Anak
Sekolah Menengah
Anak sekolah menengah
adalah peserta didik pada jenjang sekolah lanjut tingkat pertama (SLTP) dan
sederajat, serta peserta didik pada jenjang sekolah menengah (SMU dan SMK) dan
sederajat dalam katalog psikologi perkembangan, siswa SLTP termasuk pada masa remaja
awal, sedangkan siswa SMU termasuk masa remaja akhir.
Pada
usia Sekolah Menengah yaitu usia SLTP dan SLTA, berada pada masa remaja. Masa
remaja merupakan masa peralihan atau transini antara masa kanak-kanak dengan
dewasa. Pada masa trasini ini terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat.
Perkembangan Fisik/Jasmani
a. Masa
transisi
b. Masa
pubertas
c. Perkembangan
hormonal
-
Karakteristik seks
primer dan alat kelamin pada laki-laki/perempuan
-
Karakteristik seks
sekunder perrumbuhan rambut pada kemaluan pada laki-laki/perempuan
Perkembangan intelektual
a. Anak
memasuki tahap pemikiran operasional formal
b. Dapat
mempertimbang kemungkinan masa depan, mencari jawaban, menangani masalah dengan
fleksibel
Perkembangan emosi
a. Cenderung
banyak merenung dan tidak dpat diterka
b. Sering
bertingkah laku kasar
c. Ledakan
kemarahan
d. Tidak/kurang
toleran kepada orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri
e. Marah
kalua ditipu
Perkembangan social
a. Perilaku
social remaja banyak dipengaruhi oleh kelompok teman sebaya
b. Terjadi
pengelompokan social
c. Meningkatnya
kemampuan dalam menyesuaikan diri
Perkembangan Bahasa
a. Bahasa
remaja lebih diwarnai pola Bahasa pergaulan yang berkembang didalam kelompok
b. Terjadi
pengelompokan social
c. Meningkatnya
kemampuan dalam menyesuaikan diri
Perkembangan moral
a. Suatu
perbuatan dinilai baik oleh anak apabila memengaruhi harapan otoritas atau
kelompok teman sebaya
b. Otoritasi
anak yang baik tindakan berorientasi kepada orang lain suatu perbuatan dinilai
baik apabila menyenangkan bagi orang lain.
PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
TINGKAT SMA
Perkembangan Fisik
-
Perkembangan
peserta didik periode SMA
-
Aspek – aspek yang
memengaruhi perkembangan peserta didik :
a. Perkembangan
fisik pada remaja laki-laki dan perempuan meliputi seks primer dan seks
sekunder
-
Pertumbuhan fisik
remaja dengan implikasinya terhadap pendidik :
a.
Menjaga kesehatan
badan
b.
Memberi makanan
yang baik
Pengaruh pertumbuhan
fisik terhadap tingkah laku
a. Ingin
menyendiri
b. Bosan
c. Inkoordinasi
d. Antagonis
social
e. Emosi
yang meninggi
f. Hilangnya
kepercayaan diri
Perkembangan intelektual
Menurut mahfudin shalahudin ( 1989 ) dinyatakan bahwa
“ intelek “ adalah akal budi atau inteligensi yang berarti kemampuan untuk
meletakkan hubungan dari proses berfikir
Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual
a. Kematangan
b. Pengalaman
fisik
c. Pengalaman
social
d. Keseimbangan
Perkembangan emosional
Factor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan emosi;
a. Belajar
dengan cara mencoba
b. Meniru
c. Menyamakan
diri
d. Belajar
dibawah bimbingan dan pengawasan
Perkembangan social
-
Pengaruh social
dalam perkembangan peserta didik
-
Upaya yang
mendukung pengembangan hubungan social remaja
a.
Lingkungan
keluarga
b.
Lingkungan sekolah
c.
Lingkungan
masyarakat
Perkembangan Bahasa
Bahasa yang berkembangan di keluarga di lengkapi dan
di perkaya Bahasa masyarakat, tempat tinggal, pergaulan dan akan memberi ciri
khusus dalam perilaku Bahasa.
Perkembangan moral
Factor – factor
mempengarungi perkembangan moral pada remaja
a.
Konsisten dalam
mendidik anak
b.
Sikap orang tua
dalam keluarga
c.
Pernyataan dan pegamalan
agama yang di anut
d.
Sikap konsisten
orang tua dalam menerapkan norma
Implikasi perkembangan
intelek remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan
Piaget menyebutkan
:
Sebagian besar remaja
mampu memahami dan mengkaji konsep –konsep abstrak dalam batas- batas tertentu
Bruner
menyebutkan:
Siswa usia remaja dapat
menggunakan bentuk – bentuk symbol dengan cara yang canggih, guru dapat
membantu mereka dengan menggunakan pendekatan keterampilan dan memberi
penekanan pada penguasaan konsep – konsep abstrak
Komentar
Posting Komentar