Langsung ke konten utama

Perkembangan peserta didik SD, SMP, SMA


TUGAS RESUME

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Perkembangan anak
-         Janin
-         Usia sd
Pertumbungan vs perkembangan
Perkembangan  : bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti mulai dari pembuahan dan kematian
Pertumbuhan          : pertambahan atau kenaikan dalam ukuran dari bagian tubuh yang dapat diukur seperti     panjang, berat tubuh
Pada pertumbuhan   : Berat badan dan tinggi badan bersifat kuatitatif
Pada perkembangan : Bahasa, emosi, intelektual dan perilaku besifat kualitatif

Tujuan perkembangan
Untuk pencapaian genetic

Hukum-hukum perkembangan
1.   Hukum kesatuan organis
Anak adalah kesatuan organis bukan suatu penjumlahan/ suatu kumpulan unsur yang tersendiri
Contoh : ingatan tidak bisa berdiri sendiri tanpa hubungan pengamatan dan perhatian.
2.   Hukum tempo perkembangan
Setiap anak memiliki tempo kecepatan perkembangan sendiri-sendiri.
3.   Hukum irama perkembangan
Pada suatu masa laju perkembangn berlangsung cepat, tetap, lambat
4.   Hukum masa peka
Masa pertumbuhan ketika suatu fungsi jiwa mudah dipengaruhi
5.   Hukum rekapitulasi
Perkembangan merupakan ulangan ringkas sejarah kehidupan umat manusia
6.   Hukum mempertahankan dan mengembangkan
-            Mempertahankan terdiri : nafsu makan dan minum, menjaga keselamatan diri
-            Mengembangkan terdiri : hasrat ingin tahu
7.   Hukum presditinasi
Nasib atau takdir

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TINGKAT SD
Perkembangan fisik-motorik
1.   Menggerakkan tangan untuk menulis, mengambar, mengambil makanan, melempar bola
2.   Menggerakkan kaki untuk lari, menendang bola, berjalan
Perkembangan intelektual
-      Pada usia sekolah dasar anak sudah dapat mereaksi ransangan intelektual atau melaksanakan tugas-tugas belajar yang menuntut kemampuan intelektual atau kemampuan kognitif seperti membaca, menulis dan menghitung
-      Untuk mengembangkan daya nalarnya daya cipta atau kreatifitas anak maka peluang-peluang untuk bertanya, berpendapat, dan melihat.

Perkembangan emosi
Pada usia sekolah khususnya dikelas 4, 5, 6 anak mulai menyadari bahwa pengungkapan emosi secara kasar tidaklah diterima atau tidak disenangi oleh orang lain. Jika anak dikembangkan dalam di lingkungan keluarga yang suasana emosinya stabil maka perkembangan emosinya stabil maka perkembangan emosi anak cenderung stabil atau sehat. Apabila anak dikembangkan dalam keluarga yang mudah marah, emosi tidak stabil, mudah mengeluh, kecewa maka perkembangan anak cenderung tidak stabil/tidak sehat
Perkembangan social
Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa/ ketrampilan berkomunikasi anak melalui tulisan sebagai cara untuk mengapresiasikan perasaan, gagasa/ pikirannya, maka sebaiknya kepada anak dilatih untuk membuat karangan/ tulisan tentang berbagai hal.
Implikasi terhadap pendidikan
1.   Mengembanagkan iklim ( suasana ) kelas bebas dari ketegangan
2.   Memperlakukan siswa sebagai individu yang mempunyai harga diri
3.   Memberikan nilai secara adil
4.   Menciptakan kondisi kelas yang tertib, bersih dan sehat.







PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TINGKAT SMP

Pengertian Anak Sekolah Menengah
                        Anak sekolah menengah adalah peserta didik pada jenjang sekolah lanjut tingkat pertama (SLTP) dan sederajat, serta peserta didik pada jenjang sekolah menengah (SMU dan SMK) dan sederajat dalam katalog psikologi perkembangan, siswa SLTP termasuk pada masa remaja awal, sedangkan siswa SMU termasuk masa remaja akhir.
Pada usia Sekolah Menengah yaitu usia SLTP dan SLTA, berada pada masa remaja. Masa remaja merupakan masa peralihan atau transini antara masa kanak-kanak dengan dewasa. Pada masa trasini ini terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat.

Perkembangan Fisik/Jasmani
a.   Masa transisi
b.   Masa pubertas
c.   Perkembangan hormonal
-            Karakteristik seks primer dan alat kelamin pada laki-laki/perempuan
-            Karakteristik seks sekunder perrumbuhan rambut pada kemaluan pada laki-laki/perempuan
Perkembangan intelektual
a.   Anak memasuki tahap pemikiran operasional formal
b.   Dapat mempertimbang kemungkinan masa depan, mencari jawaban, menangani masalah dengan fleksibel

Perkembangan emosi
a.   Cenderung banyak merenung dan tidak dpat diterka
b.   Sering bertingkah laku kasar
c.   Ledakan kemarahan
d.   Tidak/kurang toleran kepada orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri
e.   Marah kalua ditipu

Perkembangan social
a.   Perilaku social remaja banyak dipengaruhi oleh kelompok teman sebaya
b.   Terjadi pengelompokan social
c.   Meningkatnya kemampuan dalam menyesuaikan diri


Perkembangan Bahasa
a.   Bahasa remaja lebih diwarnai pola Bahasa pergaulan yang berkembang didalam kelompok
b.   Terjadi pengelompokan social
c.   Meningkatnya kemampuan dalam menyesuaikan diri

Perkembangan moral
a.   Suatu perbuatan dinilai baik oleh anak apabila memengaruhi harapan otoritas atau kelompok teman sebaya
b.   Otoritasi anak yang baik tindakan berorientasi kepada orang lain suatu perbuatan dinilai baik apabila menyenangkan bagi orang lain.


PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TINGKAT SMA
Perkembangan Fisik
-                  Perkembangan peserta didik periode SMA
-                  Aspek – aspek yang memengaruhi perkembangan peserta didik :
a.      Perkembangan fisik pada remaja laki-laki dan perempuan meliputi seks primer dan seks sekunder
-                  Pertumbuhan fisik remaja dengan implikasinya terhadap pendidik :
a.                  Menjaga kesehatan badan
b.                  Memberi makanan yang baik
Pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku
a.   Ingin menyendiri
b.   Bosan
c.   Inkoordinasi
d.   Antagonis social
e.   Emosi yang meninggi
f.    Hilangnya kepercayaan diri

Perkembangan intelektual
Menurut mahfudin shalahudin ( 1989 ) dinyatakan bahwa “ intelek “ adalah akal budi atau inteligensi yang berarti kemampuan untuk meletakkan hubungan dari proses berfikir
Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual
a.   Kematangan
b.   Pengalaman fisik
c.   Pengalaman social
d.      Keseimbangan
Perkembangan emosional
Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi;
a.      Belajar dengan cara mencoba
b.      Meniru
c.      Menyamakan diri
d.      Belajar dibawah bimbingan dan pengawasan
Perkembangan social
-         Pengaruh social dalam perkembangan peserta didik
-         Upaya yang mendukung pengembangan hubungan social remaja
a.      Lingkungan keluarga
b.      Lingkungan sekolah
c.      Lingkungan masyarakat
Perkembangan Bahasa
Bahasa yang berkembangan di keluarga di lengkapi dan di perkaya Bahasa masyarakat, tempat tinggal, pergaulan dan akan memberi ciri khusus dalam perilaku Bahasa.
Perkembangan moral
Factor – factor mempengarungi perkembangan moral pada remaja
a.      Konsisten dalam mendidik anak
b.      Sikap orang tua dalam keluarga
c.      Pernyataan dan pegamalan agama yang di anut
d.      Sikap konsisten orang tua dalam menerapkan norma
Implikasi perkembangan intelek remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan
Piaget menyebutkan :
Sebagian besar remaja mampu memahami dan mengkaji konsep –konsep abstrak dalam batas- batas tertentu
Bruner menyebutkan:
Siswa usia remaja dapat menggunakan bentuk – bentuk symbol dengan cara yang canggih, guru dapat membantu mereka dengan menggunakan pendekatan keterampilan dan memberi penekanan pada penguasaan konsep – konsep abstrak

Komentar